Dibuka Iriana Joko Widodo, Dekranasda Bulukumba Ikut Serta Pameran Kriyanusa

oleh -

BULUKUMBA,BERITASELATAN.COM – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bulukumba bersama Dekranasda kabupaten kota Sulawesi Selatan ikut serta dalam Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) Tahun 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center, pada tanggal 13 sampai 17 September 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional, dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan mengusung tema Kriya Unggul, Indonesia Maju.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, Pameran Kriyanusa Tahun 2023 saya buka,” ucap Ibu Iriana saat membuka pameran tersebut, Rabu, 13 September 2023.

Mendampingi Iriana, istri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Wury Ma’ruf Amin, bersama sejumlah istri menteri lainnya juga turut hadir.

Pameran Kriyanusa selama beberapa tahun terakhir telah menjadi ikon pameran kerajinan atau seni kriya terbesar di Indonesia. Pameran industri kreatif ini melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Dekranas dari Sabang sampai Merauke.

BACA JUGA:   Kedua Kalinya, Galapagos Rebut Juara PPAKN Sulsel

Pameran ini adalah yang pameran kedua di tahun 2023 yang diikuti Dekranasda Bulukumba di Jakarta. Sebelumnya di tempat yang sama Dekranasda Bulukumba juga mengikuti Inacraft pada Februari 2023 yang lalu.

Di bawah komando Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Provinsi Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, Dekranasda Sulsel memamerkan sejumlah produk unggulan di Pameran Kriyanusa ini, termasuk dari Bulukumba.

“Sebuah kebanggaan bagi kami karena Dekranasda Sulsel dapat turut serta dalam pameran KriyaNusa tahun ini. Kami hadirkan sejumlah produk UMKM unggulan seperti wastra dari Sulawesi Selatan, kerajinan dari marmer, dan lainnya. Semoga banyak peminat, dan terbukanya peluang pasar bagi produk UMKM kita di Sulsel,” kata Sofha.

BACA JUGA:   PKK Halmahera Selatan Kagumi Adat Budaya, dan Pembinaan PKK Bulukumba

Sementara itu Ketua Dekranasda Bulukumba Andi Herfida Muchtar yang hadir pada pembukaan Kriyanusa mengatakan, momentum Kriyanusa 2023 sangat baik dan tepat untuk mempromosikan semua potensi kriya dari Kabupaten Bulukumba. Terutama tenun Kajang dan tenun Bira yang menjadi daya tarik tersendiri dari Butta Panrita Lopi.

“Alhamdulillah Pameran Kriyanusa tahun ini kita bisa membawa penenun Bira yang datang lengkap dengan alat tenun tradisionalnya. Selain memamerkan hasil karya tenun Bira, di booth Kabupaten Bulukumba, pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatan kain kenun,” ujar Andi Herfida yang juga merupakan Kadis Kebudayaan Makassar ini.

BACA JUGA:   Polisi Peduli, Kapolsek Ujung Loe Salurkan Bantuan Ke Warga Kurang Mampu

Andi Herfida berharap produk-produk yang dipamerkan di Kriyanusa 2023 bisa laku terjual agar para penenun bisa terus berkarya dan memproduksi kain tenun dengan maksimal.

“Saat ini Dekranasda Bulukumba aktif mendampingi para penenun agar mereka termotivasi untuk lebih kreatif, melakukan modifikasi lagi agar hasil tenun ibu-ibu di Kajang dan Bira kualitasnya makin baik,” urainya.

Sofha Marwah Bahtiar yang mengunjungi stand Bulukumba berharap Pameran Kriyanusa bisa membawa dampak yang besar terutama kepada para penenun di kampung-kampung.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan hasil yang bermanfaat bagi pengembangan industri kerajinan di Sulsel dan tentu saja meningkatkan kesejahteraan para penenun,” pintanya.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.