Asisten Pemerintahan dan Kesra Launching 11 Aksi Perubahan PKA Tahun 2022

oleh -33 views
Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemda Selayar melaunching aksi perubahan PKA tahun 2022.

SELAYAR, BERITA SELATAN.Com – Mewakili Bupati Kepulauan Selayar, Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir. Muh. Yunan Karaeng Tompobulu, ST. MT, IPM melaunching 11 aksi perubahan peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan II Tahun 2022 PPSDM Kemendagri Regional Makassar, di Ruang Pola Kantor Bupati, Rabu, 10 Agustus 2022.

Untuk resume 11 inovasi aksi perubahan yang dilaunching, disampaikan oleh Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappelitbangda Ir. Al Amin, S.Pi., M.M. yang juga menjadi salah seorang peserta PKA angkatan II Tahun 2022.

Dalam launching tersebut dihadiri secara virtual oleh Kepala PPSDM Kemendagri Regional Makassar T. R. Fahsul Falah, S. Sos, M.Si, anggota DPRD Selayar, Kepala BKPSDM Selayar Patta Amir, bersama sejumlah pimpinan OPD dan undangan lainnya.

Mewakili Bupati, Asisten Pemerintahan dan Kesra mengatakan, dalam konteks organisasi, tugas seorang pemimpin secara garis besar hanya dua yakni memformulasikan visi dan menterjemahkannya menjadi aksi (Implementasi). Antara visi dan implementasi maka kepemimpinan melayani menjadi hal yang mutlak. Oleh karena itu, untuk menjadi pemimpin yang melayani, dapat diformulasikan kedalam lima pilar yaitu Kepercayaan, Apresiasi, Sinergi, Inisiatif dan Hasil.

BACA JUGA:   Peringati HBA dan IAD, Kejari Selayar Gelar Jalan Santai

Asisten Pemerintahan dan Kesra juga mengatakan bahwa saat ini, pola pelayanan kepada masyarakat sangat berbeda dengan pola pelayanan di masa lampau.

“Saat ini kita harus beradaptasi dengan kemajuan zaman, dimana semuanya serba kekinian. Sudah saatnya kita tinggalkan pola-pola lama, guna mewujudkan aparatur yang mampu memberikan pelayanan yang berkualitas. Olehnya itu, diperlukan perubahan mendasar, mulai dari pola pikir (mindset), budaya kerja, hingga keteladanan,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Bupati Selayar Sambut Kunjungan Kerja Kejati Sulsel

Menurutnya, untuk menjawab tantangan zaman dalam menjalankan reformasi birokrasi maka cara yang paling ampuh adalah menumbuhkan budaya inovasi di kalangan Aparatur Sipil Negara, seperti Inovasi yang dilakukan para peserta diklat PKA angkatan II Tahun 2022 ini.

“Saya berharap, setiap instansi didorong untuk melaksanakan inovasi utama, yang benar-benar menonjol dan bisa membawa dampak pada peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, serta yang paling penting lagi adalah memperbaiki mental setiap pelaku birokrasi,” pinta Muh. Yunan.

BACA JUGA:   Basli Ali Tandatangani Komitmen Percepatan Penyaluran DAK dan Dana Desa

“Kepada para peserta pelatihan, saya ucapkan selamat atas inovasi yang hari ini kita launching. Saya juga mendukung sepenuhnya keberlanjutan pelaksanaan inovasi ini, baik dari sisi penganggaran maupun kebijakan,” tutup Muh. Yunan membacakan sambutan tertulis Bupati. (**)