Ada 30 Desa di Daratan Selayar Jadi Sasaran Pendataan Kelistrikan

oleh -

SELAYAR, BERITA SELATAN.Com – Sebanyak 30 desa di daratan pulau besar Selayar akan menjadi sasaran prioritas pendataan keterlayanan listrik PLN. Hal ini merupakan bagian dari upaya peningkatan Rasio Elektrifikasi (RE) dan pemerataan akses listrik ke seluruh desa di Indonesia melalui program listrik pedesaan.

Wakil Bupati Selayar Saiful Arif, menyampaikan hal tersebut kepada awak media, Selasa (29-11) malam, melalui komunikasi selulernya.

Dalam kaitan ini, lanjut wabup, Ditjen Ketenagalistrikan Kementrian ESDM bekerjs sama dengan USAID – SINAR mengembangkan aplikasi mobile berbasis android KASABELA (Keluarga dan Desa Belum Menyala) yang terintegtasi dengan data base monitoring dan evaluasi Listrik Pedesaan (Melisa) di Ditjen Ketenagalistrikan.

BACA JUGA:   Dinas Kominfo Selayar Gelar Silaturahmi dengan Awak Media

Dalam kaitan ini, Ditjen Ketenagalistrikan menurunkan Tim Terpadu untuk melakukan pendataan beranggotakan 12 orang dipimpin Kusuma telah berangkat kemarin malam menuju Selayar papar Wabup yang menyempatkan diri ke Kantor Perwakilan Bus Aneka untuk mendiskusukan hal – hal yang akan melancarkan tugas tim selama di Selayar yang dijadwalkan berlangsung hingga 14 Desember mendatang.

Dalam rakor persiapan yang dihadiri langsung Wabup Saiful Arif dipimpin Kabid Energi Baru Terbarukan dan Ketenagalistrikan Jamaluddin, ST, M.T. di Kantor Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Selatan, Makasar Senin (28-11) siang, terungkap bahwa pendataan ini sesungguhnya berasal dari harapan Bappenas untuk melakukan peningkatan perekonomian dengan didukung penuh ketersediaan pasokan listrik yang Cukup dari pihak PLN.

BACA JUGA:   Roadshow terakhir di Takabonerate, Andi Musrifah : Masih Perlu Pembenahan
Advertisement

Pasalnya, banyak wilayah yang sesungguhnya berpotensi berkembang ekonominya namun terkendala oleh pasokan listrik, termasuk di Selayar,

Wabup Selayar Saiful Arif memaparkan, salah satu program prioritas pembangunan di Selayar antara lain Pariwisata dan kawasan Industri Perikanan, namun keduanya tak akan bisa maksimal jika tdk mendapat dukungan liatrik yang cukup. Karena itu, Wabup sangat berterima kasih atas adanya upaya percepatan ini.

Advertisement

Kami berharap, agar pihak PLN segera menginfokan kepada kami, rencana jangka pendek, menengah, dan Jangka Panjang, agar tugas dan kewajiban sesuai kewenangan kami, dapat kami laksanakan sejak dini, misalnya persiapan dan kesiapan lahan.

BACA JUGA:   Wabup Selayar Kembali Kunjungi Tiga Kecamatan Pulau

Seusai Rakor, Wabup Saiful Arif yang didampingi Supriadi (Bappelitbangda) dan Ahriani (bag. Ekonomi Setda Kep. Selayar) segera menghubungi Asisten terkait, Ka. Bappelitbangda, Kadis PMD, Kabag Ekonomi dan Pihak Masata, untuk berkordinasi agar tugas team survey Terpadu USAID SINAR dan Kementrian ESDM berjalan lancar.

Karena hanya 30 desa yang akan dijangkau, maka perlu didata yang prioritas, dengan pertimbangan keterisoliran, belum terjangkau listrik PLN, potensi pengembangan ekonomi, atau pariwisata, maupun pertanian dan atau perikanan, serta industri Rumah Tangga.Juga pertimbangan aspek pendidikan, kesehatan dan potensi pengembangan ekonomi setempat, pungkas Wabup Saiful Arif. (**)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.