288 CPNS di Bulukumba Terima SK, Bupati : Selamat Bekerja

oleh -111 views

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan kepada 288 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hasil seleksi CPNS tahun 2021.

Dalam penyerahan SK pengangkatan ini, para CPNS didampingi oleh orang tua atau kerabatnya masing-masing lalu kemudian berfoto bersama dengan Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba.

Selain itu, Pemkab juga menggelar pengambilan sumpah 242 CPNS formasi 2019 menjadi PNS di halaman Kantor Bupati Bulukumba, Rabu, 18 Mei 2022.

Bupati Muchtar Ali Yusuf menyampaikan bahwa keputusan pengangkatan CPNS yang telah diterima oleh para CPNS hari ini, merupakan tahapan yang dilalui oleh para CPNS setelah mengikuti Seleksi Penerimaan CPNS pada tahun 2021 yang lalu.

Ini berarti kata bupati, bahwa para CPNS telah memiliki legalitas dan legitimasi selaku aparatur negara dan pelayan masyarakat yang sudah harus menunjukkan kinerja dan disiplin serta mampu berinovasi dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya sehingga dapat melaksanakan kewajiban dan memperoleh hak-haknya secara proporsional selaku CPNS.

BACA JUGA:   Dandim Bulukumba Serahkan Bantuan APD dari Mabes TNI

“Selamat bekerja!. Cintailah Bulukumba, Cintailah profesimu, manfaatkankanlah ilmu dan keterampilan yang kalian miliki dan tanamkan dalam hati dan pikiran bahwa inilah jalan hidup yang akan mengantarkan saudara-saudara untuk mengabdi,” katanya.

Bupati yang akrab disapa Andi Utta menyebut, hasil seleksi CPNS ini adalah orang-orang pilihan yang akan membantu Pemkab Bulukumba dalam meningkatkan layanan publik, utamanya secara umum kepada para tenaga kesehatan untuk memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat.

“Saya berharap dengan diterimanya SK pengangkatan selaku CPNS akan memberikan motivasi kerja dan memberikan warna tersendiri bahwa CPNS Formasi 2021 adalah lulusan-lulusan terbaik yang mampu meningkatkan kinerja pemerintahan yang yang lebih baik ke depan,” ungkapnya.

“Bukan menjadi beban pemerintah untuk dibayar gajinya tapi tidak berbanding lurus dengan kinerjanya,” tambah bupati berlatar pengusaha tersebut.

Sementara bagi CPNS yang diambil sumpahnya sebagai PNS, Andi Utta berharap bahwa dengan sumpah yang telah dilakukan akan dapat memberikan jaminan untuk melaksanakan tugas dan fungsi dalam memberikan pelayanan dan mengabdi bagi kepentingan masyarakat.

BACA JUGA:   Bupati Bulukumba Serahkan KUA-PPAS ke DPRD Bulukumba

“Sekali lagi, kami berharap bahwa dengan ratusan CPNS yang menerima SK, maupun PNS yang telah disumpah sangat diharapkan membantu pemerintah daerah saat ini dalam mencapai visi misi pemerintah dengan sejumlah program unggulan yang dijalankan,” tegas Andi Utta.

Kepala BKPSDM Andi Roslinda dalam dalam laporannya, menerangkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mendapatkan SDM Aparatur guna mengisi kekurangan atau kebutuhan formasi jabatan di lingkungan Pemkab Bulukumba yang bersih dan memiliki kompetensi dasar dan kompetensi bidang sesuai dengan kebutuhan, tuntutan jabatan dan peranannya sebagai penyelenggara pemerintahan serta memiliki karakter sebagai PNS yang berperan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Berdasarkan hasil integrasi nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan nilai Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), jumlah peserta yang dinyatakan lulus formasi 2021 sebanyak 289 orang. Rinciannya, tenaga kesehatan 268 orang, tenaga tehnis 21 orang.

BACA JUGA:   Buka Musrenbang Anak, Andi Utta: Jangan Coba-coba Sentuh Narkoba

“Dari peserta yang dinyatakan lulus, 1 orang meninggal dunia dan telah disampaikan ke Badan Kepegawaian Negara selaku ketua tim pelaksana seleksi CASN tahun 2021,” ujarnya.

“Penempatan PNS pada unit kerja berdasarkan lokasi formasi dan kebutuhan jabatan yang telah ditetapkan,” tambah Roslinda.

Salah satu CPNS yang menerima SK, Ina Ba’dia Grajang mengaku berbahagia dan bersyukur dengan adanya legalitas tersebut. Apalagi kata dia, yang lulus CPNS tahun 2021 bukan hanya dirinya, tapi juga suaminya.

“Saya Apoteker. Alhamdulillah saya dan suami satu lokasi, yaitu di Puskesmas Palangisang,” katanya.

Alumnus Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta itu menyebut, sebelum diangkat menjadi CPNS, dia bekerja di bawah naungan Kementerian Kesehatan, yaitu Nusantara Sehat selama dua tahun enam bulan.

“Saya berharap, semua CPNS tahun 2021 dapat mengabdikan diri di tempat tugasnya masing-masing demi untuk kemajuan Bulukumba,” imbuhnya.

Pada momentum tersebut, ratusan keluarga dan kerabat CPNS dan PNS memadati halaman Kantor Bupati menyaksikan acara tersebut.(*)