Selain Membantu Sesama, Ini 7 Manfaat Donor Darah yang Jarang Diketahui

oleh -

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Donor darah merupakan upaya seseorang dalam memberikan sejumlah darahnya yang ditranfusikan kepada orang lain.

Sayangnya, masih banyak orang yang takut donor darah dengan beragam alasan. Mulai dari takut jarum suntik hingga takut darahnya habis.

Padahal, donor darah sangat baik untuk kesehatan bagi si pendonor.

“Malahan setelah donor darah, tubuh jadi lebih fit karena produksi darah diperbaharui. Selain itu, tekanan darah jadi lebih stabil,” ungkap Kasubag Humas dan PKRS RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Gumala Rubiah, Senin, 22 Februari 2021.

BACA JUGA:   Bupati : Sanksi Menanti Untuk Guru ASN Yang Selingkuh

Selain itu, Darah adalah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Keputusan untuk menyumbangkan darah melalui donor darah secara tidak langsung dapat menyelamatkan satu kehidupan, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus.

Namun, tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah, melainkan manfaat donor darah juga dirasakan bagi pendonornya.

Advertisement

Berikut 7 manfaat donor darah bagi pendonor

1. Dapat terhindar dari penyakit jantung. Salah satu manfaat donor darah bagi pendonor adalah membuat jantung senantiasa sehat. Dengan begitu, akan meningkatkan zat besi dalam darah dan juga mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit jantung

BACA JUGA:   Temukan Sebilah Badik dan Busur, 2 Remaja Diamankan Polisi

2. Membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan.

3. Menurunkan risiko kanker. Termasuk kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh saat melakukan donor darah.

Advertisement

4. Meningkatkan produksi pembentukan sel darah baru.

5. Dapat Membuat pikiran lebih stabil
Dengan mendonorkan darah, akan membuat perasaan lebih bahagia dan damai karena dapat menolong sesama.

BACA JUGA:   Nyaris Ambruk, Hj Aminah Syam Tinjau Kondisi Bangunan Poskesdes di Pulau Liukang

6. Secara tidak langsung dengan donor darah sebenarnya sudah melakukan periksaan kesehatan. Karena darah yang telah di donorkan akan melalui periksaan di laboratorium, maka tim medis akan melihat apakah menderita suatu penyakit tertentu atau tidak.

7. Donor darah dapat Menurunkan kolesterol.

“Olehnya itu, dengan mengetahui banyaknya manfaat dari donor darah, semoga akan semakin banyak orang yang mau mendonorkan darahnya. Selain baik untuk dirinya, juga sebagai amal jariah,” harap Mala. (*)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.