Masa Pandemi, Mahasiswa Prodi Kimia UMB Ciptakan Makanan Unik, Simpel dan Kreatif

oleh -

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Pada masa pandemi covid-19 saat ini berbagai aktivitas kegiatan sehari-hari tentunya menjadi terhambat dan lebih banyak dilakukan di rumah saja, baik itu dalam bidang pekerjaan, wirausaha, maupun pendidikan.

Namun beda bagi mahasiswi prodi Kimia, justru mahasiswi tersebut tetap dapat melakukan berbagai kreatifitas untuk mengembangkan keterampilan.

Hal ini dibuktikan dengan menghasilkan tiga produk unik, simpel dan kreatif untuk memenuhi nilai tugas akhir mata kuliah ilmu kewirausahaan.

Dekan Fakultas MIPA dan Sains UM Bulukumba, Ardianto,S.Pd., M.Pd mengatakan produk yang mereka hasilkan diantaranya Kripik Kulit Kakao buatan Fitri Yulianti dan Putri Ramadhani, Selai Ubi Ungu buatan Mutmainnah dan Marsanda serta Selai Pepaya buatan Musdalifah, Ainun Musfirah dan Sri Sumiarti.

BACA JUGA:   Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kembali Beroperasi

“Bahan pembuatan produk ini didasarkan atas pemanfaatan sumber daya yang cukup melimpah di daerah Bulukumba dan sekitarnya. Sehingga diharapkan produk ini dapat dikembangkan menjadi produk unggulan daerah,” kata Ardianto, Rabu, 10 Februari 2021.

Advertisement

“Produk yang dibuat oleh mahasiswa prodi kimia semester 1 ini merupakan hasil implementasi mata kuliah ilmu kewirausahaan yang sudah mereka jalani dan diharapkan dapat melatih kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha,”ujar Saadatul Husna, S.Si., M.Si Kaprodi Kimia UM Bulukumba.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Menerima LKPJ Tahun Anggaran 2022 
Advertisement

Sementara itu, Andi Nur Fitriani selaku dosen pengampu mata kuliah ilmu kewirausahaan mengungkapkan produk yang dibuat mahasiswa ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dimasyarakat.

Seperti pemanfaatan limbah kulit kakao menjadi produk olahan dapat mengurangi pencemaran lingkungan, serta pembuatan selai ubi ungu dan selai pepaya dapat meningkatkan daya guna dan nilai tambah dari ubi ungu dan buah papaya.

BACA JUGA:   Diduga Terlibat Sindikat Narkoba, Oknum Polisi di Bulukumba Diamankan Polisi

Selain menggunakan sumber daya alam yang cukup melimpah, hal yang unik dari ketiga produk ini adalah label kemasan karena mencantumkan informasi tentang kandungan zat dan manfaat kulit kakao, ubi ungu dan buah papaya untuk kesehatan.

Sehinggan konsumen tidak hanya menikmati produk tersebut tetapi juga memperoleh pengetahuan. (**)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.