Ini Pesan dan Harapan Sekjen ICTA Dalam Peringatan Hari Pers Sedunia

oleh -
Sekjen ICTA : Mulyadi Mursali

BULUKUMBA, BERITA SELATAN, Com -Meski berada di luar sistem politik formal, Pers juga disebut sebagai pilar keempat demokrasi setelah eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Karenanya, kebebasan pers menjadi salah satu tolok ukur kualitas demokrasi di sebuah negara.

Hal itu disampaikan, Pemilik Citra TV Visual Bulukumba, Mulyadi Mursali, sebagai salah seorang yang juga berkecimpun di dunia media dan pers, di hari pers dunia yang diperingati setiap 9 Februari diharapkan mampu meningkatkan profesional dan indepedensi para jurnalis dalam mengawal agenda keummatan dan kebangsaan. Sebagai bagian pilar demokrasi, Pers memiliki kekuatan untuk mengontrol keberlangsungan suatu negara dan demokrasi.

BACA JUGA:   RSUD Bulukumba Resmi Melepas Mahasiswa Praktik Klinik Akbid Mega Buana Sinjai

“Ada pikiran tokoh mengatakan, dengan surat kabar, kadang-kadang muncul kericuhan, tapi tanpa peran kerja pers akan selalu muncul penindasan. Artinya baik buruknya jalannya proses sosial demokrasi dalam negara ataupun daerah tergantung keterlibatan persnya. Selamat hari pers jadilah pencerah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucapnya, Jumat 8 Februari 2019.

Advertisement

Menghadapi mesin politik yakni perhelatan Pileg dan Pilpres Pemilu 2019 yang dilaksanakan pada 17 April mendatang, ia berharap Jurnalis sebagaian bagian pers mampu menyuguhkan pemberitaan yang megedukasi. Tentunya melalui tulisan jurnalis diharapkan menghasilkan informasi dalam mengungkap masalah ketimpangan sosial kemasyarakat juga sekaligus menjadi penyeimbang atau pencerah terhadap suatu masalah yang terjadi.

BACA JUGA:   Pendidikan Al-Quran Dibalik Jeruji, 20 Napi Mengikuti Wisuda Tahfidz dan Baca Alquran di Lapas

“Bahwa pers mempunyai peran lebih kuat dari ketiga pilar demokrasi lain yang berpotensi melakukan abuse of power. Demokrasi akan berkembang dengan baik jika pers juga berkembang dengan baik. Karena itu pers harus menjaga hati nurani untuk menjaga keberlangsungan demokrasi,” tambahnya.

Advertisement

Lebih lanjut, Sekretaris Jenderal (Sekjed) Indonesia Cable Television Association (ICTA) ini menyebutkan, selain pers membuat wajah demokrasi menjadi lebih baik, hal lainnya adalah, pers melalui jurnalis mampu meminimalisir atau melawan hoax melalui pemberitaan yang mengedukasi. Pasalnya, tak bisa dipungkiri presepsi publik sangat bergantung pada olahan isi pemberitaan media.

“Dalam peraturan Presiden Nomor 5 tahun 1985 menyebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila. Bagi saya pers adalah pahlawan karena berkontribusi atas keutuhan NKRI. Selamat hari pers untuk kawan-kawan jurnalis, semakin profesional dan terus mencerahkan masyarakat,” harapnya. (*)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.