HUT ke 53, KSP Berkat Bulukumba Bagi Bagi Doorprize Mulai Motor Hingga Paket Umroh

oleh -
Sejumlah anggota KSP Berkat keluar sebagai pemenang undian paket umrah.

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Berkat Bulukumba ke 53, sejumlah doorprize seperti barang elektronik, motor hingga paket Umrah disediakan bagi anggota pemenang undian. Perayaan HUT tersebut dilaksanakan di Aula Hotel Agri Bulukumba, Kamis, 25 Februari 2021.

Ketua KSP Berkat Bulukumba, H. Andi Makkasau mengatakan, setiap tahunnya disiapkan doorprize bagi anggota melalui undian. Doorprize yang diberikan sebagai bentuk kepedulian KSP Berkat terhadap anggotanya.

“Kami berikan Doorprize menarik sebagai simbol kepedulian KSP Berkat khususnya dalam perayaan HUT KSP Berkat ke 53, berdiri sejak 25 Februari 1967” kata Andi Makkasau yang biasa disapa Karaeng Lompo itu.

Selain itu, dia menuturkan, Koperasi khususnya KSP Berkat mempunyai kedudukan yang kuat di dalam sistem perekonomian nasional. Hal tersebut tercantum dalam UUD 1945 pasal 33 ayat 1.

Pasal tersebut secara inplisit menunjukkan bahwa kedudukan koperasi sangat penting karen merupakan badan usaha berdasarkan asas kekeluargaan sehingga diyakini mampu menopang perekonomian nasional terlebih menggerakkan ekonomi kerakyatan.

Ketua KSP Berkat, Ir. H. Andi Makkasau menyampaikan sambutan kepada sejumlah anggota KSP Berkat.

Selanjutnya, kata Karaeng Lompo, dengan adanya koperasi tentu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara lebih luas. Sebagaimana peran koperasi tumbuh, berkembang dan sejahtera bersama.

BACA JUGA:   PLN Tandatangani Layanan Flexy Bills dengan Pelanggan Smelter di SulSel, Ini Keuntungannya !!

Dalam Perayaan tersebut juga dirangkaikan dengan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang masuk sebagai program tahunan yang dilaksanakan bersamaan HUT KSP Berkat.

“Terimakasih juga kami sampaikan kepada bapak dan ibu yang telah bersedia hadir dalam perayaan HUT KSP Berkat dirangkaikan dengan agenda RAT,” tuturnya.

Perayaan tersebut dihadiri sejumlah anggota KSP Berkat di 34 cabang yang tersebar di seluruh provinsi di Sulawesi dan 41 unit cabang pembantu (capem).

Sementara Plh Bupati Bulukumba, Andi Misbawati A. Wawo mengatakan, RAT sangat penting dilaksanakan, tidak hanya sekedar agenda rutin tahunan yag menunjukkan kedinamisan lembaga, tetapi lebih dari itu, sebagai tahapan untuk melihat kinerja para pengurusnya dalam membangun dan memajukan koperasi.

Advertisement

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada segenap Pengurus dan Jajaran KSP Berkat, atas terselenggaranya Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2021,” kata Andi Misbawati.

Sebab kata dia, dalam RAT akan disampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus, serta Laporan Pertanggungjawaban Pengawas.

BACA JUGA:   Pemerintah Perpanjang Listrik Gratis dan Diskon Hingga September

“Oleh karena itu, saya mengharapkan, agar seluruh peserta RAT berpartisipasi aktif pada forum tertinggi dalam koperasi ini,” ungkapnya.

Lebih jauh kata dia, perlu disadari, paradigma pembangunan saat ini adalah pemberdayaan potensi wilayah yang didukung oleh pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan dimaksud termasuk juga pemberdayaan kegiatan usaha kecil dan menengah.

Terkait dengan pengembangan koperasi, dalam kondisi sosial dan ekonomi yang sangat diwarnai oleh peranan dunia usaha, maka mau tidak mau peran dan kedudukan koperasi dalam masyarakat akan sangat ditentukan oleh perannya dalam kegiatan usaha.

Advertisement

Koperasi yang berdasarkan kekeluargaan, gotong royong merupakan “sosial capital” yang dimiliki bangsa Indonesia dapat mempertahankan dampak globalisasi dan krisis moneter.

Peningkatan peran dan kegiatan usaha koperasi semakin nampak, dimana pertumbuhan dan peran sektor koperasi dan UMKM di dalam perekonomian nasional terus meningkat, tidak saja karena ketangguhannya dalam menghadapi berbagai kejutan ekonomi, tetapi juga kemampuannya yang lebih besar dalam menyediakan lapangan kerja dan mengatasi masalah kemiskinan.

Olehnya itu, sebagai lembaga ekonomi yang tumbuh di daerah dan mampu melakukan ekspansi yang semakin berkembang dari waktu ke waktu, maka KSP Berkat diharapkan dapat semakin kokoh dan memperkuat fundamental ekonomi daerah kita.

BACA JUGA:   APJII Siapkan Program Khusus Internet Mandiri untuk Desa, Simak Ulasannya !

“Di bawah kepemimpinan Ir. H. A. Makkasau M.M, koperasi ini menunjukkan kemajuan yang luar biasa dengan mendirikan puluhan cabang di berbagai wilayah kabupaten kota,” cetusnya.

Tentu kemajuan dan perkembangan dari KSP Berkat juga tidak lepas dari motto organisasi, yaitu “Maju Bersama, Berkembang Bersama, dan Bahagia Bersama”

Motto ini sangat sesuai dengan prinsip koperasi yang mengutamakan kebersamaan, yang dilandasi sikap yang demokratis untuk mencapai tujuan bersama.

“melalui momentum ini, saya mengajak hadirin sekalian untuk untuk senantiasa menjaga nilai-nilai kebersamaan, solidaritas sosial, dan serta penciptaan iklim stabilitas demi kelangsungan pembangunan yang kita rasakan selama ini,” tuturnya.

“Ke depan kita harapkan, dengan berkembangnya usaha- usaha ekonomi mikro menengah di daerah dapat lebih memacu dan mengembangkan gairah perekonomian di Kabupaten Bulukumba yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan pertumbuhan ekonomi dan juga peningkatan Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Bulukumba,” tambahnya. (**)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.