Hamzah Pangki Patut Diperhitungkan di Pilkada Bulukumba

oleh -

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com -Calon Bupati Bulukumba, Andi Hamzah Pangki punya kans yang kuat untuk memenangkan Pilkada Bulukumba. Mantan ketua DPRD Bulukumba dua periode ini memiliki track record politik yang cukup gemilang di Bulukumba.

Data yang dihimpun dari KPU Bulukumba, Hamzah Pangki tidak pernah terkalahkan dalam kontestasi pemilihan legislatif sejak dia memulai kariernya maju jadi anggota DPRD Bulukumba pada 2009 lalu. Bahkan, jika melihat catatan dari KPU Bulukumba, Hamzah Pangki memiliki basis massa yang kuat dengan jumlah yang lebih banyak dari calon bupati lainnya di Bulukumba.

Data dari KPU, pada pemilu legislatif mulai dari 2009 hingga 2019, Hamzah Pangki tidak pernah terkalahkan. Data itu menyebutkan jika ada tiga kandidat Cabup Bulukumba yang pernah menjadi rival Hamzah Pangki di pemilihan legislatif. Mereka adalah, H Askar, Tomy Satria Yulianto dan Kahar Muslim. Semua kandidat ini memiliki suara yang tidak signifikan jika dibandingkan dengan jumlah suara Hamzah Pangki saat itu. Selengkapnya, lihat grafis.

BACA JUGA:   Klaim Menang di Timur, HM21 Kunci Basis Suara di Kajang

Misalnya, pada Pemilu 2009, H Askar hanya memeroleh suara sebanyak 3642. Dia dikalahkan oleh Hamzah Pangki yang juga berada di satu dapilnya (Gantarang-Kindang) dengan perolehan suara 3818. Begitupun dengan Kahar Muslim yang berhasil meraih 3675 melalui dapil yang berbeda.

Advertisement

Pada pemilu legislatif selanjutnya tahun 2014, hal yang hampir sama juga terjadi. Askar hanya memeroleh suara sebanyak 2609 suara. Dia dikalahkan oleh Hamzah Pangki yang juga berada di satu dapilnya dengan perolehan suara 2899. Begitupun dengan Tomy Satria Yulianto yang hanya meraih 1652 suara dan Kahar Muslim (2531 suara) di dapil berbeda.

BACA JUGA:   Bakal Ramaikan Pilkada, Ini Gagasan dan Ide JMS untuk Bulukumba

Pengamat Politik UIN Alauddin, Firdaus Muhammad mengatakan bahwa torehan yang diraih para kandidat di Pilcaleg lalu dapat menjadi modal sosial politik yang menjanjikan jika para kandidat balon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba mampu mengelolanya dengan baik.

Advertisement

“Itu modal sosial politik yang menjanjikan jika dikelola secara baik. Meski bukan jaminan karena pemilih mudah berubah karena banyak faktor terutama ketokohan, program dan finansial tapi cukup kuat selama dirawat,” katanya, Selasa, 15 Oktober 2019.

Sementara Tokoh Pemuda Bulukumba, Akbar Bakri menilai jika sosok Hamzah Pangki cukup perlu diperhitungkan di Pilkada mendatang. Prestasi yang mampu diraihnya membuktikan karakter politik yang mampu dibangun dengan adanya dukungan masyarakat.

BACA JUGA:   Target Menang Delapan Pilkada di Sulsel, Golkar Instruksikan Kader Menangkan Paslon

“Dibeberapa surveipun nama beliau (Hamzah Pangki) tak perna lepas dari lima besar. Tentu itu menjadi bukti bahwa dia mampu hadir dan mendapat dukungan masyarakat,” singkatnya.

Akbar meyakini jika ketokohan yang dimiliki Hamzah Pangki menjadi jalan untuk mendapatkan amanah dari masyarakat. Kesederhanaan yang dimiliki Hamzah Pangki dianggap membawa ketokohannya menjadi hal yang disukai masyarakat.

“Dia itu tokoh ditengah masyarakat. Karena beliau pejabat yang tidak sulit ditemui oleh masyarakat dan kerap berbaur ditengah masyarakat,” pungkasnya. (*)

Grafis:
Pileg 2009
A Hamzah Pangki /Gantarang-Kindang/3818 suara
Askar HL /Gantarang-Kindang/3642 suara
Kahar Muslim/Herlang-Kajang-Bontotiro/3675 suara

Pileg 2014
A Hamzah Pangki /Gantarang-Kindang/2899 suara
Askar HL /Gantarang-Kindang/2609 suara
Kahar Muslim/Herlang-Kajang-Bontotiro/2531 suara
Tomy Satria Yulianto/Bulukumpa-Rilau Ale/1652

Pileg 2019
A Hamzah Pangki /Gantarang-Kindang/2335 suara
Kahar Muslim/Herlang-Kajang-Bontotiro/1159 suara.

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.