Dinas Kominfo Bulukumba Bangun Sinergitas dengan Insan Media

oleh -

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Seiring semakin majunya teknologi informasi dan komunikasi dari tuntutan zaman, peran informasi saat ini sangat penting dalam mendukung kelancaran sebuah pemerintahan nasional maupun daerah dengan berbagai kebijakan, maka diperlukan suatu sinergitas dengan Media, baik Cetak, Elektronik dan Online sebagai sumber informasi yang kredibel, independen dan terpercaya dalam mendistribusikan informasi.

Bulan pertama di tahun anggaran baru dan juga kepala dinas yang baru, Dinas Komunikas dan Informatika Kabupaten Bulukumba melakukan pertemuan dengan awak media sekaligus sebagai perkenalan dengan seluruh pejabat dijajaran Dinas Kominfo Bulukumba yang hadir.

Pertemuan digelar dengan sederhana dikemas dalam bentuk “Coffee Smile” yang mengusung tema : “Rajut Kebersamaan Bangun Sinergi Wujudkan Interaksi Positif Untuk Bulukumba Yang Lebih Baik” , sambil ngopi malam juga dibuka sesi dialog bersama para jurnalis di Bulukumba bertujuan sebagai silaturrahim dan membahas soal peran media dalam pembangunan dibulukumba dan isu – isu penting lainnya, sebagai pembicara dalam pertemuan tersebut Kadis Kominfo Bulukumba, Muhammad Daud Kahal didampingi Kepala Bidang Hubungan Media dan Informatika, Mappigau, berlangsung di Mr.Redmont Café Jl.Jenderal Sudirman pada Jumat malam 31 januari 2020, pada dialog tersebut dipandu langsung oleh Program Director Radio Splfm, Saiful Alief Subarkah.

BACA JUGA:   Sat Lantas Polres Bulukumba Sosialisasi Dikmas Lantas dan Protkes di Pasar

Daud Kahal mengatakan, pertemuan dengan insan media untuk menjalin kerjasama yang telah terjalin dari dulu dalam pemberitaan kegiatan pemerintah daerah (Pemda) agar terekspos seluas-luasnya pada khalayak.Daud Kahal menambahkan bahwa hubungan saya dengan media bukan kali ini saja sebagai Kadis Kominfo, interaksi saya dengan media sudah dilakukan ketika masih menjabat sebagai Kasubid Hubungan media di Badan Informasi,Komunikasi PDE dan Perpustakaan di tahun 2005 kala itu dan juga pernah menjabat Kabag Humas Pemkab Bulukumba.

Advertisement

“Media merupakan mitra penting demi kemajuan pembangunan. Pasalnya, media selaku sosial kontrol bisa memberi peringatan bila ada kekurangan, agar segera dibenahi,” katanya.

BACA JUGA:   H. Jufri Cingga Dimata Masyarakat Dikenal Seorang Tokoh Yang Inspiratif

Kadis Kominfo Daud Kahal meminta kepada teman-teman pers agar dalam menyajikan pemberitaan yang seimbang tanpa mendiskreditkan pemerintah di dalam tulisan jurnalisnya.

“Pemda perlu sinergi dengan media sebagai corong informasi. Meski demikian, kami pun akan membuka diri untuk dikontrol, karena itu juga bagian dari pembangunan,” tutur mantan Sekwan ini.

Hal yang sama juga disampaikan Kapala Bidang Hubungan Media dan Informatika, Mappigau menjelaskan, media lokal perlu diberikan ruang dan porsi untuk terus berkontribusi dalam pembangunan dibulukumba.

Advertisement

“Saya secara pribadi sebagai Kabid Hubungan Media yang baru, berharap media lokal atau teman-teman jurnalis yang aktif peliputan di Kabupaten Bulukumba diberikan ruang lebih, dan insya allah acara silaturahmi dengan media kita akan lakukan setiap triwulan sekali,” jelas mappigau.

Sementara salah satu awak media yang hadir, Ifa Musdalifa menyampaikan keresahan dan kegelisahannya sebagai wartawan selama melakukan peliputan dibulukumba untuk sebuah hajatan atau event yang dilaksanakan diluar kota.
“Mestinya wartawan, bukan hanya kejar berita tapi juga bagaimana kami melakukan peliputan bisa lebih nyaman,” tegas Ifa.

BACA JUGA:   Lapas Bulukumba Gelar Upacara Memperingati Hari Ibu

Ifa berharap, Dinas Kominfo kedepannya bisa memikirkan ini ketika kami melakukan liputan kegiatan-kegiatan pemda yang membutuhkan jarak tempuh seperti alat transportasi agar bisa di fasilitasi.

Sebagai penutup diacara coffee smile, Kadis Kominfo Bulukumba Muhammad Daud Kahal, mengatakan pemerintah membutuhkan koreksi dan evaluasi oleh media atas pelaksanaan program pembangunan, melalui kerjasama yang saling membenahi diri dari waktu ke waktu agar bisa terjalin sinergi positif.
Peran media sangat penting, kata Daud Kahal sebagai salah satu pilar demokrasi. Selain itu memberikan edukasi dan penyebarluasan informasi dalam mengawal pelaksanaan program pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan.

“Butuh sinergi ke depan dalam konteks peran kita masing-masing. Bukan berarti media tidak kritis terhadap pemerintah, perlu kontribusi media kepada pemerintah,” ungkapnya (*)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.