Berjalan Kaki Sejauh 10 Kilo Meter, Pantarlih Tembus Kampung Senggan Demi Pemutakhiran Data Pemilih

oleh -

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Kelurahan Borongrappoa, Kecamatan Kindang Bulukumba, Sulawesi Selatan, berjalan kaki sepanjang 10 Kilo Meter untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih yang berada di daerah terpencil di Kampung Senggan yang terletak di kaki Gunung Bawakaraeng perbatasan Kabupaten Bantaeng, Sinjai dan Gowa.

Untuk sampai di lokasi itu, Pantarlih yang didampingi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Panitia Pemungutan Suara(PPS) diawasi Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Pemilu Kelurahan/ Desa Borongrappoa, mereka harus melewati jalan terjal yang licin, jalan bebatuan dan jembatan gantung terbuat dari bambu yang mulai rapuh.

BACA JUGA:   Caleg PKN, Dr. Iriyanto Andi Baso Ence Silaturahmi ke Tokoh Adat Kajang
Advertisement

Tak hanya itu, perjuangan penyelenggara pemilu kecamatan Kindang ini hingga malam diperjalanan lantaran jarak yang dilalui sangatlah jauh dan akses jalan yang berbahaya. Bahkan sempat terjebak hujan dan angin kencang.

“Hari ini kita melakukan pencoklitan di daerah terpencil di atas gunung, daerah ini disebut kampung Senggan, kampung terpencil di bagian Barat Bulukumba, dengan medan jalan yang menantang,” sebut Riswan Arifin Ketua PPS Borongrappoa

BACA JUGA:   Tingkatkan UMKM, Andi Makkasau Kunjungi Sentra Pembuatan Gula Merah di Tugondeng
Advertisement

Dikampung Senggan ini terdapat 7 kepala keluarga dan yang bersyarat menjadi pemilih ada 20 orang.

“di sini ada 7 KK dan pemilih bersyarat ada 20 orang, namun terdata selama ini hanya sekitar 10 orang pemilih, jadi untuk sementara yang lainnya kita masukkan sebagai pemilih potensial, jika telah memiliki identitas kependudukan, nantinya akan dimasukkan sebagai pemilih tetap,” Ujar Riswan.

Advertisement

Sementara, Salah seorang Anggota PPK Devisi Data Dirman, mengatakan, kampung Senggan yang berada di atas gunung menjadi perhatian Penyelenggara pemilu kecamatan Kindang untuk dikunjungi.

BACA JUGA:   Anggota DPR RI Gandeng LIPI Bina 50 Guru di Bulukumba Buat Karya Ilmiah

Selain akses jalan yang sulit di tempuh, dari informasi, didaerah tersebut masih banyak pemilih yang tidak terdaftar menjadi pemilih dan tidak memiliki identitas kependudukan.

“Kami dari PPK bersama PPS melakukan pendampingan kepada Pantarlih untuk melakukan Coklit di kampung Senggan ini, yang di awasi panwascam dan PKD nya, ini kami lakukan agar warga di kampung Senggan ini benar benar terdata dan untuk memastikan warga mendapatkan haknya sebagai pemilih nantinya,” tutup Dirman. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.