Benteng Malewang Wakili Bulukumba Lomba Desa Tingkat Provinsi

oleh -

BULUKUMBA, BERITA SELATAN, Com -Penilaian lomba desa dan kelurahan tahun 2019 kembali dilaksanakan berlangsung di Kantor Desa Benteng Malewang Kecamatan Gantarang, Selasa, 9 Juli 2019.

Dalam lomba desa tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Bulukumba, Andi Bau Amal, didampingi sejumlah pejabat menerima langsung tim penilai yakni Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sulawesi Selatan, Ashari Fakhsirie Radjamilo.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, penilaian lomba desa tahun ini tidak lagi diawali dengan kegiatan seremonial penyambutan, melainkan Tim penilai langsung turun ke titik penilaian lomba.

Kabid Kelembagaan dan Sosbudmas, Dinas PMD Bulukumba Ahmad Rais Haq mengatakan, jika lomba desa merupakan agenda yang dilaksanakan setiap tahun.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Bulukumba Laksanakan Operasi Patuh 2022

Untuk 2019 ini, kata pria yang akrab disapa Rais ini, Desa Benteng Malewang terpilih untuk mewakili Bulukumba di tingkat Provinsi.

“Benteng Malewang mewakili Bulukumba setelah terpilih sebagai pemenang lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten,” terangnya.

Seperti tahun sebelumnya, lanjut Rais, 18 kategori penilaian akan dilakukan, seperti bidang pemerintahan, kewilayahan, serta bidang kemasyarakatan, sebagaimana diamanahkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Advertisement

Ditemui di sela-sela kegiatan, Sekretaris Daerah Bulukumba, Andi Bau Amal menyampaikan harapannya agar Bulukumba dapat kembali keluar menjadi pemenang di tingkat Provinsi seperti tahun 2018 yang berhasil dimenangkan oleh Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumpa.

BACA JUGA:   Peringati HUT PPNI Ke - 47, Perawat RSUD Bulukumba Gelar IHT PPI

“Tentu kita berharap tahun ini Bulukumba kembali dapat meraih prestasi terbaik mempertahankan juara, dan mengharumkan nama baik Bulukumba di tingkat Provinsi,” ujar Bau Amal.

Advertisement

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas PMD Provinsi Sulawesi Selatan, Ashari Fakhsirie Radjamilo mengatakan bahwa lomba desa bertujuan untuk mengevaluasi tingkat perkembangan desa. Prestasi yang berhasil diraih oleh pemenang nantinya, tidak hanya akan menjadi sebuah kebanggaan bagi daerah disamping akan menerima pula hadiah uang sebesar 1 miliar rupiah yang akan diberikan bagi desa dalam bentuk anggaran program kegiatan.

BACA JUGA:   PPK Ujung Bulu, Laksanakan Sosialisasi Pemilu di Lokasi Perkemahan

“Semoga apa yang kita laksanakan ini dapat menjadi motivasi bagi segenap pemerintah dan masyarakat desa untuk bekerjasama dalam membangun daerah,” ujarnya.

Sekedar diketahui, Desa Benteng Malewang merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Gantarang yang telah berdiri sejak 1987. Dengan luas wilayah 11,27 KM dan mayoritas mata pencaharian masyarakatnya adalah bertani. Saat ini Desa Benteng Malewang dipimpin oleh Amiruddin HR. (*)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.