Andi Utta Ingin Tanamkan Manajemen Entrepreneurship di Birokrasi Pemerintahan

oleh -
Banner Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Bakal calon Bupati Bulukumba, H Andi Muchtar Ali Yusuf memperkenalkan gagasan pemerintahan entrepreneurship. Pria yang akrab disapa Andi Utta ini ingin pemerintah atau aparatur birokrasi memiliki wawasan bercirikan nilai-nilai kewirausahaan.

Menurutnya, prinsip-prinsip entrepreneur yang mesti diterapkan dalam dunia birokrasi, selain perlunya kedisiplinan dan peningkatan etos kerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Seorang entrepreneur selalu punya kemampuan menangkap setiap peluang yang ada berdasarkan potensi sumber daya yang ada.

Tentu dikemas dalam bentuk kebijakan strategis bahkan sampai pada bentuk program dan kegiatan,” ujarnya. Lalu lanjutnya kemampuan marketable, yakni kemampuan mengkomunikasikan setiap potensi sumberdaya yang dimilikinya kepada segenap stakeholder untuk terlibat dalam mengelola potensi sumberdaya tersebut untuk kepentingan masyarakat secara keseluruhan.

BACA JUGA:   Dalam Sehari, JMS Mendaftar di PKS dan PAN Bulukumba

“Jika prinsip-prinsip manajemen entrepreneur diterapkan dalam birokrasi, akan mendorong perubahan dan wajah baru dalam tatakelola pemerintahan,” kata Andi Utta, usai menerima rekomedasi partai pengusung PKS, Senin 10 Aguatus 2020. Menurutnya ada beberapa poin penting yang menjadi kelebihan dari penerapan manajemen entrepreneur dalam tubuh birokrasi.

Advertisement

Khususnya kata dia dalam pelayanan publik. Semangat kewirausahaan berdampak pada efisiensi, inovasi dan produktivitas aparatur pemerintahan.

BACA JUGA:   Usai Silaturahmi dengan Ribuan Warga, Askar HL Daftar di PKB Bulukumba

“Insya Allah nilai dan semangat ini yang saya impikan bisa kita bangun. Baik di pemerintahan maupun untuk pelaku usaha,” paparnya. Tambah CEO PT Amaly itu, manajemen kewirausahaan dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki.

Advertisement

Pola itu kata Andi Utta harus dimulai dari pemimpin tertinggi birokrasi di daerah. “Selain kemampuan juga harus yakin dan punya kemauan untuk perubahan demi Bulukumba yang baru. Itulah harapanta’ semua,” tegasnya lagi.

BACA JUGA:   Pilih Murniati Jadi Wabup Bukti Komitmen Andi Hamzah Akomodir Aspirasi Perempuan

Lebih jauh Dia mengatakan bahwa prinsip-prinsip manajemen enterepreneur dapat diproyeksikan dengan model tatakelola pemerintahan di tengah-tengah perubahan sosial yang semakin dinamis. “Mindset ini dulu yang ingin saya terapkan untuk birokrasi,” tutupnya.

Sekedar diketahui, Andi Utta hadir sebagai pendatang baru dengan jargon Harapan Baru. Bacalon yang berpasangan Andi Edy Manaf ini akan diusung Partai Gerindra, PAN dan PKS. (*)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.